Menjadi Mandiri Melalui Hidroponik

    Menjadi Mandiri Melalui Hidroponik

    Ketika kebutuhan pangan semakin meningkat sedangkah harga pangan juga terus meningkat, penting bagi kita untuk bisa secara mandiri menyediakan bahan pangan bagi keluarga kita sendiri. Bercocok tanam di halaman rumah bisa menjadi solusinya, tetapi bagi orang-orang yang tinggal di daerah perkotaan, terbatasnya lahan untuk bercocok tanam sering kali menjadi kendala.

    Para sister Lembaga Pertolongan di Lingkungan Jogjakarta merasakan hal tersebut. Beruntung sekali Sister Bertha Suranto memiliki solusi untuk mengatasi kendala terbatasnya lahan untuk bercocok tanam tersebut.

    Sr. Bertha mengajarkan bagaimana memanfaatkan lahan yang ada dengan dana minimal serta sedikit tenaga untuk menghasilkan bahan pangan. Para sister Lembaga Pertolongan diajari cara menanam benih sayur dan buah dengan metode Hidroponik. Yaitu menanam tumbuhan dengan media air, tanpa tanah, sehingga tidak diperlukan lahan yang luas. Metode ini menghasilkan tumbuhan yang lebih bersih dan sehat karena tanpa pestisida.

    Hanya memakai pupuk/nutrisi serta kasih sayang dalam merawatnya. Selama pelatihan berlangsung para sister secara aktif mengajukan pertanyaan. Dalam pelatihan ini semua bahan, media, serta benih sudah disediakan sehingga para sister dapat langsung mempraktikkannya.

    Banyak benih yang bisa ditanam dengan metode Hidroponik ini, antara lain kangkung, bayam, tomat, selada, dan seledri. Para sister sangat merasakan manfaat dari kegiatan ini, melalui pelatihan ini wawasan mereka lebih terbuka untuk menjadi lebih mandiri dalam menyediakan pangan bagi keluarga mereka sendiri.