Lewati navigasi utama

Apakah Anda Mewakili Saya?

Apakah Anda Mewakili Saya?

“Apakah Anda Mewakili Saya?” adalah tema Api Unggun Sejarah Keluarga yang diprakarsai oleh Lingkungan ke-2 Jakarta. Sebuah drama ditampilkan, menceritakan tentang roh-roh leluhur di bait suci yang menantikan nama mereka dipanggil untuk dilakukan tata cara perwakilan bagi mereka. Drama ini sangat menyentuh hati sehingga banyak hadirin yang menitikkan air mata, terutama saat Sr. Pathresia Subandriyo menyanyikan lagu Together Forever.

Together Forever

Br. Solichin menuturkan bahwa acara ini mengingatkan tanggung jawabnya terhadap para leluhur dan apa yang harus dia lakukan di masa depan. Senada dengan itu, Sr. Sulasmi W. Rochani merasa terilhami untuk melakukan tata cara bagi leluhur dan bersyukur telah menjadi anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir karena dapat mengetahui tentang pekerjaan bait suci.

Presiden Djarot Subiantoro, presiden Pasak Jakarta, menjelaskan bahwa meski pekerjaan silsilah keluarga ini tidaklah populer tetapi tidak berarti bahwa itu tidak penting. Salah satu dari 3 misi Gereja adalah untuk menyelamatkan orang-orang mati. Dia mengharapkan agar para remaja dan remaja dewasa lebih giat dalam pekerjaan silsilah keluarga karena itu akan membantu mempercepat hadirnya bait suci di Indonesia.

Berikut adalah cuplikan dari puisi Hanyalah Kartu yang dibacakan oleh Sr. Yulia Pontoan, sang narator, sebagai penutup:

Hanyalah Kartu

“Kami hanyalah orang-orang di tempat ketiga

Yang dipersembahkan kembali oleh selembar kartu

Yang tak memiliki kesempatan mendapatkan kunci-kunci sewaktu di bumi

Pada akhirnya, kemajuan kami tidaklah baik

            Jutaan dari kami menanti di sini

            Untuk melangkah kami tak bisa

            Tiada pengharapan bagi kami

            Menanti bertahun-tahun ... ”