Asia Area Leader Message

    Nama Gereja yang Benar

    Kita akan memiliki pengetahuan dan kuasa Allah untuk membantu kita membawa berkat-berkat dari Injil Yesus Kristus yang dipulihkan kepada setiap bangsa, kaum, bahasa, dan orang-orang dan untuk mempersiapkan dunia bagi Kedatangan Kedua Tuhan.

    Penatua David P. Homer
    Penatua David P. Homer dari Tujuh Puluh Penasihat Kedua dalam Presidensi Area Asia

    Sister Homer dan saya telah diberkati dengan enam anak-anak yang baik. Ketika setiap anak lahir, kami merenungkan nama yang akan diberikan kepada mereka. Demikian halnya dengan putri kembar kami di mana kami memutuskan masing-masing akan menyandang nama dari salah seorang nenek mereka. Kami melakukan ini untuk menghormati nenek mereka, berharap bahwa nama-nama itu akan mengilhami mereka untuk menjadi baik, sama seperti nenek mereka adanya.

    Dalam beberapa hal, kami seperti Nabi Helaman. Dia dan istrinya diberkati dengan dua putra yang mereka namai Nefi dan Lehi. Sewaktu anak-anak lelaki itu semakin dewasa, Helaman menjelaskan kepada mereka “Aku telah memberi kepadamu nama orangtua kita yang pertama yang datang keluar dari tanah Yerusalem; dan ini telah aku lakukan agar bilamana kamu ingat namamu kamu boleh ingat mereka; dan apabila kamu ingat mereka kamu boleh ingat pekerjaan mereka; dan apabila kamu ingat pekerjaan mereka kamu boleh tahu bagaimana dikatakan, dan juga dituliskan, bahwa mereka baik.” 1

    Helaman memahami nama dapat menjadi sangat kuat. Mereka mengingatkan kita tentang jati diri kita dan mengilhami ingin menjadi apa kita kelak. Mungkin itu adalah satu alasan mengapa kita telah diimbau untuk mengambil ke atas diri kita nama Yesus Kristus 2 dan mengapa Presiden Nelson baru-baru ini telah meminta kita untuk menggunakan nama Gereja yang benar.


    ketika kita menghilangkan nama-Nya dari Gereja-Nya, kita secara tidak sengaja menyingkirkan Dia sebagai fokus utama kehidupan kita.

    Presiden Russell M. Nelson

    Pada Konferensi Umum Gereja bulan Oktober 2018, Presiden Nelson menyebutkan bahwa dia telah “mengeluarkan sebuah pernyataan mengenai koreksi penyebutan untuk nama Gereja. [Dia] melakukan ini karena Tuhan menekankan pada pikiran[nya] pentingnya nama yang Dia tetapkan bagi Gereja-Nya, yaitu Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir.” 3 Presiden Nelson menuturkan bahwa upaya ini bukan perubahan nama, ini bukan penggantian merek, ini bukan untuk memperindah, ini bukan perubahan impulsif dan ini bukan hal yang tidak penting. … Alih-alih, ini adalah sebuah koreksi. Ini adalah perintah dari Tuhan. 4

    Sebagai hasilnya, kita semua harus melakukan semampu kita untuk membantu diri kita sendiri, dan orang lain, merujuk pada Gereja menggunakan nama yang diberikan oleh Tuhan Sendiri. Presiden Nelson menyatakan, “Menghapus nama Tuhan dari Gereja Tuhan adalah kemenangan besar bagi Setan. Ketika kita menghilangkan nama Juruselamat, kita secara halus mengabaikan semua yang Yesus Kristus lakukan bagi kita—bahkan Pendamaian-Nya … ketika kita menghilangkan nama-Nya dari Gereja-Nya, kita secara tidak sengaja menyingkirkan Dia sebagai fokus utama kehidupan kita. 5

    Saya telah merasakan koreksi penyebutan ini dalam kehidupan saya sendiri. Sebagaimana situs web, alamat posel, dan elemen komunikasi lain telah mengadopsi nama Gereja yang benar, saya telah diingatkan bahwa ini adalah Gereja-Nya dan bahwa saya berusaha untuk mengikuti-Nya. Saya juga telah diingatkan bahwa Presiden Nelson menjanjikan berkat-berkat jika kita mau melakukan bagian kita.

    Nama Gereja yang Benar

    Presiden Nelson menuturkan, “Brother dan sister yang terkasih, saya berjanji kepada Anda bahwa jika kita mau melakukan yang terbaik untuk memulihkan nama Gereja Tuhan yang benar, Dia yang memiliki Gereja ini akan mencurahkan kuasa dan berkat-Nya ke atas kepala para Orang Suci Zaman Akhir, hal yang demikian penting yang belum pernah kita lihat. Kita akan memiliki pengetahuan dan kuasa Allah untuk membantu kita membawa berkat-berkat dari Injil Yesus Kristus yang dipulihkan kepada setiap bangsa, kaum, bahasa, dan orang-orang dan untuk mempersiapkan dunia bagi Kedatangan Kedua Tuhan.” 6

    Bagi saya tampaknya adalah, tidak saja ini akan membantu mempersiapkan dunia bagi kembalinya Juruselamat, namun itu juga akan membantu mempersiapkan hati kita bagi hari itu. Adalah doa saya agar kita masing-masing akan ingat untuk menggunakan nama Gereja yang benar dan kesaksian saya adalah, sewaktu kita melakukannya, berkat-berkat yang dijanjikan oleh Presiden Nelson akan terwujud.

    1. Helaman 5:6

    2. Lihat 2 Nefi 31:13; Mosia 5:8; 3 Nefi 27:5; A&P 18:21

    3. Russell M. Nelson, “Nama Gereja yang Benar,” Konferensi Umum, Oktober 2018

    4. Lihat Russell M. Nelson, “Nama Gereja yang Benar,” Konferensi Umum, Oktober 2018

    5. Russell M. Nelson, “Nama Gereja yang Benar,” Konferensi Umum, Oktober 2018

    6. Russell M. Nelson, “Nama Gereja yang Benar,” Konferensi Umum, Oktober 2018