Lewati navigasi utama

Gereja OSZA Bermitra dengan Penduduk Desa

Gereja OSZA Bermitra dengan Penduduk Desa

Kekeringan yang melanda Indonesia semakin memperkuat kebutuhan kritis untuk air bersih. Banyak penduduk harus mengambil air bersih sejauh beberapa kilometer dari rumah mereka. LDS Charities, tangan kemanusiaan dari Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir bermitra dengan penduduk setempat untuk memberikan bantuan bagi mereka yang membutuhkan.

Selama 14 tahun terakhir, LDS Charities telah bekerja di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan air bersih dari banyak desa. Gereja telah menyediakan dana, teknisi, dan tenaga kerja untuk membangun 29 proyek air, terutama di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Proyek air ini telah menyediakan air bersih untuk lebih dari 400.000 penduduk Indonesia yang tinggal di lebih dari 100 desa. Penduduk desa sendiri telah menyumbangkan lebih dari 430.000 jam kerja untuk membantu membangun sistem ini. Setiap proyek air bersih dapat meliputi bendungan dan waduk, sumur, pipa, pompa, filter, dan tangki penyimpanan.

Sebagai bagian dari kemitraan, masyarakat setuju untuk mengumpulkan sejumlah uang setiap bulannya. Uang yang dikumpulkan digunakan untuk mengganti peralatan yang usang atau rusak dan membayar biaya operasi. Adalah penting bahwa penduduk setempat terlibat dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi mereka sendiri dan sesama penduduk desa. Pengalaman telah membuktikan bahwa penduduk desa mengurus sistem air mereka dengan lebih baik ketika mereka mempunyai rasa memiliki.