Lewati navigasi utama

Kunjungan Dua Sejarawan Gereja

Kunjungan Dua Sejarawan Gereja

Di akhir tahun 2015 dua sejarawan Gereja kembali berkunjung ke Indonesia: Brother Jared Feller dari Salt Lake City dan Sister Jill Andersen dari Area, Hong Kong. Selain memberikan pelatihan kepada Sejarawan Gereja di Indonsia, Sister Nefinia Karla Purnawan dan Sister Sri Anon, mengenai proses penyimpanan arsip, mereka juga membantu merapikan Pusat Penyimpanan Arsip (PPA) agar sesuai dengan standar Gereja. Dalam hal ini melengkapinya dengan alat  pengatur  dan penanda suhu dan kelembaban udara di dalam ruangan tersebut, agar udara yang lembab tidak akan merusak arsip-arsip yang tersimpan di dalamnya.

Baru-baru ini ada beberapa tambahan arsip menarik di PPA, yang di antaranya merupakan sumbangan dari para anggota Gereja, yaitu:

  • Sebuah buku, tas dan bros berjudul“Empowering Families in Challenging Times” (Memperkuat Keluarga dalam Masa yang Penuh Tantangan), yang diterbitkan oleh  Brigham Young University di Provo, bekerjasama dengan Departemen Sosial Indonesia.
  • Risalah Reuni Purna Misi tanggal 21 April 1984 dengan tema  “Peranan Purnamisi dalam Perkembangan Gereja OSZA di Indonesia” dan “Mission 1%,  yang berisi pernyataan pencapaian jumlah misionaris lokal yang melayani pada tahun 1979, yang berjumlah 1% dari jumlah keanggotaan Gereja pada waktu itu, sumbangan dari Sister Aischa Tandiman.
  • Satu album foto berisi foto-foto selama pelayanan misi dari Sister Endang Prihatini yang merupakan salah seorang misionaris wanita Indonesia pertama, bersama almarhum Sister Darsi.
  • Satu album foto sumbangan dari Sister Endang Setyowati  Kustedjo yang berisi foto-foto Cabang Ngoresan, cikal-bakal Lingkungan Jebres dan Banjarsari. Foto-foto tersebut merupakan koleksi ayahnya, Brother Suratman, Presiden Cabang Jebres yang pertama.
  • Beberapa sumbangan dari Sister Sri Anon berupa draf  terjemahan “Nyanyian Rohani” dan “Buku Nyanyian Anak”  serta dua  Buku Nyanyian yang digunakan oleh Sekolah Dasar OSZA yang pernah ada di Jakarta tahun 1980an, beberapa koleksi majalah yang bersejarah, dan lain-lain.

Mengingat begitu besarnya perhatian Gereja terhadap sejarah Gereja, kami mengundang para anggota yang memiliki koleksi arsip-arsip seperti yang tersebut di atas untuk menyumbangkannya kepada Sister Sri Anon dengan alamat: Pusat Layanan Gereja OSZA, Jl.  Senopati 115, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Atau dapat menghubungi melalui ponsel di 08128967316 dan 081383595912, atau melalui posel srianon99@gmail.com.