Lewati navigasi utama

Remaja Pasak Surakarta

Remaja Pasak Surakarta

Sebagai agenda tahunan kegiatan remaja Pasak Surakarta yaitu Konferensi Remaja Pasak Surakarta, kali ini diadakan dengan kegiatan berkemah. Perkemahan diadakan pada hari Kamis-Sabtu, 26-28 Juni 2014 dan bertempat di Wana Wisata Sekipan, Kalisoro, Tawangmangu. Diikuti oleh 55 peserta dari 6 lingkungan yang ada di Pasak Surakarta.

Konferensi remaja kali ini mengangkat tema dari Moroni 10:32 yang juga merupakan tema kebersamaan remaja tahun 2014, yaitu “Datanglah kepada Kristus dan disempurnakanlah di dalam Dia ...”. Konferensi remaja kali ini diadakan di alam terbuka dengan tenda yang sederhana agar para remaja bisa mengenal lingkungan alam dan belajar kemandirian.

Pada hari pertama acara diawali dengan pembukaan oleh Presiden Budi Susanto yaitu Presiden Pasak Surakarta lalu dilanjutkan dengan ice breaking games. Meskipun sempat turun hujan yang cukup deras dan lama sehingga menghambat acara malam bakat, namun semangat para remaja tidaklah pudar, mereka tetap antusias melanjutkan acara yang ada. Tidak sia-sia bagi para remaja yang sudah berlatih untuk menampilkan dalam acara malam bakat. Mereka semua memiliki bakat dan kreatifitas yang luar biasa, ada yang menampilkan tarian tradisional dan modern, musik akustik, sampai pertunjukkan komedi. Malam itu pun menjadi malam yang berkesan bagi mereka.

ice breaking games

Hari kedua dimulai dengan pelajaran rohani yang disampaikan oleh Uskup Suparno (Uskup Lingkungan Solo Banjarsari), beliau mengajarkan bahwa seharusnya kita bisa menjadi seperti bunga teratai cantik yang bertahan walaupun hidup di air yang kotor. Begitu pula dengan kita yang harus mampu bertahan di dalam lingkungan yang tidak mendukung kita, dan menjadikan Yesus Kristus sebagai teladan kesempurnaan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan menyablon yang dipimpin oleh remaja putra dari Lingkungan ke-2 Solo. Setiap peserta sudah membawa kaos masing-masing yang siap untuk disablon bertuliskan I’m A Mormon dan lambang CTR (Choose The Right). Kaos itu pun akan menjadi suatu kebanggaan bagi mereka dan menunjukkan bahwa mereka adalah anggota Gereja Yesus Kristus dari Orang-Orang Suci Zaman Akhir. Selanjutnya kegiatan outbond yang dipimpin oleh Sister Widapsari Asmadi dari Lingkungan ke-2 Solo dan dibantu oleh beberapa remaja lajang lainnya yang memandu setiap permainan, yaitu: mencari jejak, teka-teki dalam Remaja OSZA Pintar, mengenali aroma bumbu-bumbu dapur, dan voli balon air. Sebelum memulai outbond ada pemanasan dengan melakukan senam yang dipimpin oleh Sister Monique Jatmiko dari Lingkungan ke-2 Solo. Malam yang cerah menambah semangat acara spontanitas, setiap kelompok sudah diberi tugas untuk menampilkan sebuah pertunjukan, dan mereka telah melakukannya dengan baik meski hanya diberi waktu untuk berlatih beberapa jam saja. Ada pertunjukan acapela, puisi, dan juga drama. Malam itu sangat menyenangkan dan hangat oleh api unggun yang menyala.

I’m A Mormon Choose The Right

Tidak terasa sudah pada hari terakhir perkemahan. Acara diakhiri kesan/pesan serta kesaksian dari para peserta yang dapat memperkuat satu sama lain. Acara ditutup oleh Presiden Joko Purnomo dari Presidensi Pasak Surakarta.

Bagi Metha DJ Novitasari, remaja putri dari Lingkungan Yogyakarta, dia merasa senang sekali karena dengan diadakannya konferensi remaja pasak atau perkemahan remaja ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk berkumpul dan bermain bersama teman-teman remaja dari lingkungan yang berbeda, karena kebersamaan adalah hal yang paling berkesan untuknya. Sama halnya dengan Septaviandi Gilang Pratama, remaja putra dari Lingkungan ke-2 Solo, dia juga merasa senang saat mengikuti perkemahan ini, khususnya untuk kegiatan outbond yang seru dan dapat melatih kerjasama setiap anggota kelompok, tuturnya.

Inilah salah satu kegiatan gereja yang dapat memperkuat para remaja untuk tetap berdiri di tempat-tempat yang kudus menjaga standar-standar mereka yang tinggi, dan mempererat kebersamaan antar remaja walau berasal dari lingkungan yang berbeda.