Lewati navigasi utama

Serunya Perkemahan dan Konferensi Remaja Distrik Surabaya 2014

Serunya Perkemahan dan Konferensi Remaja Distrik Surabaya 2014

Sejak perkemahan remaja putri Distrik Surabaya lima tahun silam, tanggal 1-4 Juli 2014 lalu adalah kali pertama Distrik Surabaya mengadakan kembali kegiatan perkemahan. Perbedaannya adalah kali ini perkemahan dilanjutkan dengan konferensi remaja dan  diikuti oleh para remaja putra juga. Perkemahan tahun ini diadakan di Khalwat Betlehem, Malang dan konferensi diselenggarakan di Villa Toetie, Batu. Tema yang diangkat sesuai dengan tema kebersamaan remaja tahun ini yaitu “Datanglah Kepada Kristus”. Hampir semua remaja menghadiri kegiatan ini, dengan jumlah remaja putra sebanyak 19 orang dan remaja putri 19 orang.

Hal pertama yang dilakukan setibanya di sana adalah membangun dan menghias tenda masing-masing sesuai dengan kelompok yang ditentukan. Bagi beberapa remaja, ini merupakan kali pertama mereka membangun tenda, mereka terlihat antusias dan tak ragu untuk bertanya. Kegiatan yang dilakukan saat perkemahan sangat beragam, seperti permainan dinamika kelompok mencari harta karun, jurit malam, hiking, malam bakat saat api unggun, membuat prakarya, dan kegiatan seru lainnya. Para remaja putra membuat layang-layang sedangkan para remaja putri membuat kalung, bros, maupun jepit dari kain batik. Di waktu senggang, para remaja putri mengerjakan tugas-tugas dalam jurnal perkemahan sesuai dengan kelompok usia. Banyak hal baru dalam dunia perkemahan yang mereka pelajari, seperti mengenali jenis-jenis awan dan bintang, membuat api unggun, dan melakukan CPR.

Pada hari ketiga, para remaja bersiap meninggalkan lokasi perkemahan menuju lokasi konferensi di kota Batu. Di sana para peserta mengikuti beberapa permainan seru. Setelah itu ada kelas-kelas yang dipimpin oleh Elder dan Sister Anderson. Para remaja diberi berbagai tips mengatasi tantangan-tantangan yang menghalangi mereka untuk datang kepada Kristus. Kelas Sejarah Keluarga, dipimpin oleh sister Ida. Beliau menjelaskan mengenai pentingnya pekerjaan sejarah keluarga dan menantang semua remaja untuk mengisi dan menyelesaikan buklet Keluarga Saya. Kemudian,  para remaja belajar lebih banyak mengenai beberapa nilai dalam Untuk Kekuatan Remaja bersama Brother Dean dan Brother Handoko.

“Kemah dan konferensi tahun ini seru sekali. Saya senang dapat bertemu teman-teman baru yang baik dan belajar banyak hal.” ujar Brother Alex, 12, simpatisan dari cabang Surabaya 1. Sister Kenisha dari cabang Malang juga menyatakan bahwa dirinya antusias mengikuti perkemahan karena dapat melatihnya sebagai pribadi yang mandiri. Di hari terakhir, para remaja membuat gol untuk satu tahun ke depan bersama para presidensi, yaitu untuk menambah jumlah peserta konferensi remaja. Artinya, masing-masing remaja diharapkan dapat membawa seorang teman dalam konferensi tahun depan. Semoga gol tahun ini tercapai!